Tuesday, March 4, 2014

Tutorial PLC Omron, CX-Programmer Instruksi Dasar DIFU dan DIFD

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas instruksi-instruksi dasar pada CX-Programmer yaitu instruksi DIFU (differentiate up) dan DIFD (differentiate down). Kedua instruksi ini sangat sering sekali digunakan dalam pemrograman PLC. Kedua instruksi ini masuk ke dalam jenis ladder instructions, pada sub kategori bit control instructions.
Untuk penjelasan mengenai instruksi DIFU dan DIFD lihat gambar berikut:
Tutorial PLC Omron, CX-Programmer instruksi dasar DIFU dan DIFD

Jadi seperti terlihat pada gambar di atas, baik instruksi DIFU maupun instruksi DIFD output ON nya (warna hitam pada gambar) hanya sekali dan dalam waktu yang singkat saja, atau biasa disebut one scan only. sedangkan perbedaan dari instruksi DIFU dan DIFD, bahwa instruksi DIFU ini akan ON (tentunya dalam waktu singkat saja) saat input baru saja mengalami perubahan dari OFF ke ON. Sedangkan pada instruksi DIFD, akan ON (dalam waktu singkat saja) saat input baru saja mengalami perubahan dari ON ke OFF.

Untuk lebih memahami instruksi DIFU dan DIFD, perhatikan gambar dibawah.
Diagram ladder di atas adalah untuk program  penutupan garasi mobil otomatis. Algoritma programnya seperti ini:

  1. Segera setelah "tombol buka" (alamat 00.00) mulai di pencet maka "motor buka" (alamat 10.00) akan HIDUP yang akan membuat garasi mobil akan membuka
  2. Ketika pintu garasi telah membuka sepenuhnya, limit switch LS1 (00.01) akan ON dan membuat "motor buka" MATI.
  3. Mobil akan masuk ke garasi, dan selama mobil ini tengah lewat pada pintu garasi, "sensor mobil" (00.02) akan ON.
  4. Setelah mobil melewati pintu garasi dan berada sepenuhnya masuk ke garasi, maka "sensor mobil" akan OFF dan "motor tutup" (10.01) akan HIDUP dan pintu garasi akan mulai bergerak menutup.
  5. Setelah pintu garasi sepenuhnya tertutup, limit switch LS2 akan ON dan akan membuat "motor tutup" MATI.


Jadi untuk algoritma program seperti di atas, perlu digunakan instruksi DIFU pada input "tombol buka". Dengan begitu jika kita memencet tombol misalnya selama 3 detik baru kemudian melepas tombol, maka pintu akan tetap mulai bergerak membuka pada saat tombol dipencet (pada detik-detik awal pemencetan tombol) bukan pada saat kita selesai memencet. Sedangkan instruksi DIFD perannya sangat vital sekali pada program di atas, yaitu ketika mobil mulai melintasi pintu garasi, "sensor mobil" mulai ON dan ketika mobil sudah baru saja melintasi pintu, yang artinya mobil sudah berada sepenuhnya di dalam garasi, maka "sensor mobil" akan berubah dari ON ke OFF yang artinya DIFD akan ON dan membuat "motor tutup" HIDUP dan pada akhirnya membuat pintu garasi tertutup.



Sekian dari saya, terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel:
Tutorial PLC Omron, CX-Programmer Instruksi Dasar KEEP, SET dan RSET
Tutorial PLC Omron, CX-Programmer Instruksi Timer dan Counter



loading...

3 comments:

  1. misalx pada ladder di atas tidak menggunakan difu or difd apa yg terjadi.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban ada di paragraf 2 dari akhir mas..

      "Jadi untuk algoritma program seperti di atas, perlu digunakan instruksi DIFU pada input "tombol buka". Dengan begitu jika kita memencet tombol misalnya selama 3 detik baru kemudian melepas tombol, maka pintu akan tetap mulai bergerak membuka pada saat tombol dipencet (pada detik-detik awal pemencetan tombol) bukan pada saat kita selesai memencet. Sedangkan instruksi DIFD perannya sangat vital sekali pada program di atas, yaitu ketika mobil mulai melintasi pintu garasi, "sensor mobil" mulai ON dan ketika mobil sudah baru saja melintasi pintu, yang artinya mobil sudah berada sepenuhnya di dalam garasi, maka "sensor mobil" akan berubah dari ON ke OFF yang artinya DIFD akan ON dan membuat "motor tutup" HIDUP dan pada akhirnya membuat pintu garasi tertutup."

      Difu, tidak begitu berperan dalam kasus ini, namun saya masukkan agar sebagai contoh saja, sedangkan difd sangat vital perannya karena yang kita perlukan adalah sinyal sesaat setelah mobil melewati sensor. Karena jika mobil belum melewati sensor namun pintu sudah menutup, maka pintu otomatis akan mencederai mobilnya. Terima kasih, semoga jawaban sesuai apa yang dipertanyakan dan dapat diterima. Hehehe

      Delete